Tutorial Microsoft Visual C++ 2010




Wah, judulnya agak menjebak :D sebenarnya ini lebih ke pengalaman pribadi tentang dunia pemrograman menggunakan kompiler Microsoft Visual C++ 2010. Tapi tak apa lah, judul memang harus menarik, walaupun agak menipu. xaxaxa… (baca: ketawa) :D . Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu Microsoft Visual C++ 2010, untuk apa, buatan siapa, bla bla bla bla, karena sudah banyak yang menulisnya, tinggal search di Google kan gampang ? 
Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan mengerjakan tugas-tugas membuat program konsol yang jalan di CMD menggunakan bahasa C++, saya menggunakan Borland C++ 5.02. FYI, itu kompiler jadul banget, out of date, di aboutnya saja tertulis Copyright © 1991, 1997, itu mungkin jaman-jamannya batu masih enak dimakan :D . Tapi tak apa lah, walaupun setiap startup program muncul peringatan unsupport 64-bit, yang penting bisa jalan. Entah kenapa, lama-kelamaan bosan juga dengan tampilan menu dan ikon serba klasik, nuansa PC pentium 3 dengan OS Windows Me kebawah. Cari-cari kompiler lain, eh nggak sreg juga dihati, entah programnya yang jelek, atau memang nggak bisa caranya, ada-ada saja masalahnya :( . Akhirnya, saya coba Microsoft Visual C++ 2010, sesuai versinya, ini memang program baru, tahun 2010 (eh, udah 2 tahun yang lalu.. itu baru atau lama ya?) Walaupun terdapat beberapa perbedaan, tapi seiring dengan berjalannya waktu, mungkin juga akan terbiasa :D . dulu, dulu banget (lebay) sempat install juga, tapi gara-gara belum bisa cara mengoperasikannya, akhirnya uninstall lagi. Ternyata rahasianya ada di file header, tinggal di include StdAfx.h.
#include "StdAfx.h"
dan tambahkan juga using namespace std; di headernya dan program konsol akan berjalan. ;)
using namespace std;
Contoh program yang jalan di Microsoft Visual C++ 2010 :
#include "stdafx.h"
#include <conio.h>
#include <iostream>
using namespace std;

void main ()
{
 for (int x=1; x <= 10; x++)
 {
 cout<<"\n Rifki Ganteng";
 }
getch();
}
Walaupun begitu, terkadang script yang jalan ketika di kompile di Borland, masih error di Microsoft Visual C++ 2010 karena beberapa fungsi yang tidak bisa diterapkan. Namun tinggal cari kesalahannya di error message, benarkan dan program akan berjalan. Semuanya hanya butuh pembiasaan.

Sumber : riffrizz
Share on Google Plus

About Beesegaf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment